Kadar Emas

Untuk menciptakan perhiasan yang kuat dan warna indah yang diinginkan, emas harus dicampur dengan logam lain. Untuk mendapat warna kuning, emas murni dicampur perak. Untuk menciparkan warna merah, emas murni dicampur tembaga. Untuk mendapat warna putih, emas murni dicampur timah sari dan nikel. Logam pencampur emas biasa disebut alloy. Dalam pengertian moneter, alloy adalah komposisi logam campuran dari beberaoa jenis logam pilihan sehingga menghasillkan kualitas logam yang diinginkan. Misalnya tembaha jika dicampur dengan nikel akan menghasilkan jenis logam komposit yang keras dan tahan aus. Karakteristik ini sangat dibutuhkan untuk membuat uang logam atau koin. Hal yang harus dilakukan jika sedang membeli emas adalah menguji kadar emas.

Membeli dimana pun, janganlaj segan-segan meminta penjual melakukan uji coba kadar emas. Ada banyak cara yang bisa dilakukan. Yang lazim dipakai di toko emas adalah menggunakan gold tester. Tempelkan ujung jarum alat tersebut pada emas, dan seujurus kemudian akan ketahuan kadar emas kemurniannya. Kelemahannya, alat ini hanya menyentuh permukaan emas, dan tiak sampai ke dalamnya. Bisa juga pengujian menggunakan teknik uji gosok batu yang lantas ditetesi asam nitrat dan klorida. Cara lain yang lebih mantap adalah uji dilaboratorium.

Sebaiknya kita selalu memperhatikan kadar emas murninya. Emas batangan jamaknya menggunakan hitungan kadar kemurnian dalam presentase. Makin tinggi presentasenya, makin dekat kadarnya dengan emas murni atau logam mulia (24 karat). Dalam perdagangan emas batangan, batas toleransi kadar emas hanya boleh meleset tipis. Maksimal 0.05 persen dari emas murni. Sedangkan batas toleransi untuk perhiasan emas jauh lebih besar, yakni 0.5 (setengah) persen. Toko emas biasanya memberikan sertifikat atas emas batangan itu. Surat inilah yang akan menjamin keaslian emas yang kita beli. Hampir semua toko yang melayani jual-beli emas batangan akan mengeluarkan sertifikat ini. Ada baiknya memilih toko emas yang bisa mengeluarkan sertifikat berstandar internasional, misalnya terakreditasi di LBMA *London Bullion Market Association). Sertifikat ini menjamin emas bisa dijual kapan saja dimana saja, dengan harga yang tetap tinggi.

Sebaiknya kita selalu meneliti serta sertifikat. Bentuksertifikat emas berupa kertas kecil berhologram. Laku cocokkan dengan fisik emas yang dibeli. Umumnya ada kode seperti 9999 atau 24 karat, nomor seri dan berat dengan cetakan tenggelam dan logo pembuatannya. Penjual yang kredibel dan sudah branded seperti Logam Mulia Aneka Tambang melengkapi produknya dengan sertifikat keaslian. Sertifikat di Logam Mulia Aneka Tmabng telah terakreditasi LBMA sehingga emas Logam Mulia diakui diseluruh dunia. Sertifikat terakreditasi itu membuat emas lantakan Logam Mulia mudah diperjualbelikan. Kalau mau menjual, calon penjual tinggal datang. Logam Mulia mengecek kadar emas, dan sesaat kemudian uang berpindah tangan.

This entry was posted in Emas Murni and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>